Black History Month Books

Buku Rekomendasi untuk Black History Month (Februari)

Spread the love

Bulan Februari diperingati sebagai Black History Month di Amerika Serikat. Tanggal 1 Februari diakui sebagai momen yang bersejarah bagi African-American, yang disebut dengan “National Freedom Day“.

Hal ini dipelopori oleh Presiden Abraham Lincoln pada tahun 1863, ketika ia membuat Emancipation Proclamation, yang membebaskan para budak keturunan Afrika-Amerika. Kebijakan ini kemudian diteruskan dengan amandemen ke-13, yang menghapuskan perbudakan secara formal.

Tanggal 1 Februari ini menjadi momen dimana setiap warga Amerika mengenang perjuangan mereka memberantas ketimpangan hak setiap orang. Oleh karena itu, sepanjang bulan Februari dikenal sebagai “Black History Month“.

 

 

Black History Month Books

Bulan bersejarah ini adalah momen yang baik untuk membaca buku-buku mengenai (atau dikarang oleh) African-American. Dengan sejarah perbudakan dari berabad-abad lalu, tidak heran bahwa perjalanan orang-orang kulit hitam di negeri paman Sam ini diwarnai dengan kekerasan dan ketidak-adilan.

Berikut saya berikan beberapa rekomendasi bacaan fiksi dan non fiksi yang bisa kalian nikmati:

Becoming Michelle Obama

Kalau kamu suka baca biografi:

Buku memoir Michelle Obama ini wajib dibaca bagi kalian yang sedang meniti karir. Kalian bisa bayangkan bagaimana rasanya menjadi seorang wanita yang sedang dalam karir yang menanjak, memiliki tiga anak perempuan, serta menikahi seorang suami yang visioner.

Kisah mantan FLOTUS (first lady of the United States) ini tidak hanya memberikan gambaran mengenai respon warga US terhadap Michelle Obama sebagai seorang negro, tapi juga mengenai tindakannya yang berani dan tidak kenal lelah.

Jika kalian mencari inspirasi untuk bangkit dan terus maju menggapai mimpi, buku Michelle Obama akan memberikan pelajaran hidup yang sangat baik. 

Just Mercy

Mengenai diskriminasi hak:

Just Mercy adalah buku mengenai perjuangan seorang pengacara dalam membela para tahanan death row, penjara bagi kriminal yang dihukum seumur hidup.

Brian Stevenson mendedikasikan hidupnya untuk mencari keadilan bagi orang-orang kulit hitam miskin yang tidak mampu membayar pengacara. Banyak orang-orang tidak bersalah yang dipenjara karena para stigma orang kulit putih yang buruk terhadap orang kulit hitam.

Kasus utama yang dikisahkan dalam buku ini adalah perjuangan pembebasan Walter McMillan. Ia dihukum penjara seumur hidup oleh karena dituduh melakukan pembunuhan, meskipun banyak orang negro dalam komunitasnya menjadi saksi bahwa ia ada bersama-sama dengan mereka pada saat kejadian pembunuhan.

Membaca buku ini bagaikan naik roller coaster emosi. Banyak ketidak-adilan yang terjadi di dunia ini, dan Bryan Stevenson memberikan cermin pembesar bagi para pembacanya untuk menyaksikannya secara langsung.

12 years a slave

Biografi yang mirip kisah fiksi:

Bayangkan kalau suatu hari kalian ditawarkan pekerjaan dengan uang yang banyak tetapi ternyata semuanya itu adalah kebohongan dan ternyata kalian dijual sebagai budak?

Solomon Northup dijual menjadi budak di New Orleans dan bekerja di bawah beberapa majikan yang sadis. Ia bekerja di tempat pemotongan kayu, penanaman kapas, dan menerima perlakuan yang tidak pantas.

12 Years A Slave memberikan gambaran mengenai kerasnya kehidupan orang African American yang pada saat itu banyak dipekerjakan sebagai budak. Buku ini adalah biografi dan memoir Northup, tetapi diceritakan bak fiksi sehingga sangat mudah dan seru untuk dibaca. 

Trevor Noah Born A Crime

Serius tetapi menghibur:

Trevor Noah adalah komedian asal Amerika Serikat yang dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Meski aksinya di Comedy Central banyak membuat orang tertawa, namun kisah Trevor pada masa kecilnya jauh dari kata lucu.

Sesuai dengan judul bukunya, ia merasa bahwa lahir dari keluarga campuran adalah suatu bentuk kriminal. Ini karena pada zaman itu di Amerika melarang adanya pernikahan antara orang-orang kulit putih dengan kulit hitam.

Selain dibuang oleh ibunya dari minibus karena dikira hendak dibunuh oleh seorang kumpulan geng, Trevor Noah juga menyaksikan ibunya ditembak oleh ayahnya.

Meskipun memiliki kehidupan masa lalu yang gelap, buku ini ditulis dengan penuh jenaka dan pendekatan yang simpel sehingga menghibur untuk dibaca.

The Underground Railroad

Kisah tentang harapan dan perjuangan:

Cora adalah wanita African-American muda yang bekerja di perkebunan. Selain mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dan hak yang berbeda dengan orang-orang kulit putih, ia merindukan kebebasan.

The underground railroad adalah rel kereta api bawah tanah menuju Utara. Cora dan temannya Caesar berusaha keluar dari majikannya yang brutal menuju South Carolina, dimana mereka tinggal di sana dengan kondisi yang lebih baik.

Tidak lama kemudian mereka menemukan bahwa ada rencana dari pemerintah untuk mensterilkan orang-orang negro dalam bagian penelitian mengenai penyakit sifilis.

Ditulis dengan baik dan penuh adegan-adegan yang menegangkan, novel pemenang Pulitzer Prize di tahun 2017 ini merupakan salah satu novel yang membuat para pembacanya tidak bisa tidur.

Some end notes...

Kalau kalian sedang baca apa bulan ini? Black History Month sebenarnya bukanlah perayaan internasional karena hanya terjadi di Amerika Serikat. Namun, menarik untuk melihat penderitaan, ketidak-adilan, dan proses sejarah negeri paman Sam itu hingga memiliki menghilangkan segregasi itu.

Mungkin kalian bukan orang Afrika-Amerika yang pernah dijual sebagai budak atau dipenjara seumur hidup, tapi kita semua pernah mengalami ketidak-adilan. Kita pernah merasakan jadi minoritas. Kita tahu rasanya diperlakukan berbeda karena bukan bagian dari grup yang populer.

Kisah-kisah orang kulit hitam ini akan membangkitkan pengharapan dan semangat kembali dari diri kita. Perjalanan kita mungkin tidak akan separah mereka, tetapi membaca perjuangan mereka dapat menginspirasi dan membangkitkan rasa optimis dalam memandang hidup.


Spread the love

One thought on “Buku Rekomendasi untuk Black History Month (Februari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *