Upload podcast pakai anchor

Cara Upload Podcast ke Spotify dengan Anchor

Spread the love

Siapa di sini yang tidak kenal Podcast? Dengan peningkatan yang pesat setiap harinya, podcast menjadi salah satu platform yang paling berkembang di Indonesia untuk mendapatkan (atau membagikan informasi).

Cukup dengan akun gratis di Google Podcast, Apple Podcast, atau Spotify, kita bisa dengerin ribuan podcast dari seluruh dunia.

Baca dulu: cara mudah bikin podcast

Di posting kali ini, saya akan memberi tahu kalian cara paling cepat untuk membuat podcast. Berbeda dengan Youtube yang langsung upload di akun kalian dan otomatis bisa langsung ditonton, podcast memerlukan third party dulu untuk menggunggah episodenya.

Jadi kalau kalian denger podcast di platform seperti Spotify dan Apple Podcast, kita sebagai pembuat podcast tidak men-upload podcast kita langsung di sana. Kita membutuhkan agregator lain.

Ada banyak agregator yang tersedia di web sana: Podbean, Anchor, Blubrry, BuzzSprout dan SimpleCast. Di Pillow Talk Podcast, kami biasa menggunakan Anchor sebagai agregator untuk upload episode-episode podcast kita setiap minggunya.

Selain karena gratis, platform Anchor ini mudah sekali digunakan dan ada fitur yang lengkap, mulai dari merekam langsung dari website/aplikasinya, mereka juga bisa langsung edit art cover podcast kita.

 

1. Buat Akun

Pertama-tama kalian harus buat akun dulu khusus untuk podcast kalian. Berdasarkan pengalaman, penting banget untuk bikin akun podcast khusus daripada email pribadi/kerjaan kalian (apalagi kalau email kalian penuh spam dan promo).

Hal ini supaya ketika nanti ada permasalahan, atau podcast kalian jadi booming, punya email khusus untuk pendengar podcast itu akan membuat email kalian lebih rapih dan terfokuskan.

Pastikan kalian memiliki nama email yang sama atau mirip dengan nama podcast kalian. Ini agar mempermudah pendengar kalian untuk mengingatnya.

Buat akun

2. Sign up di Anchor

Daftarkan email Anda di www.anchor.com. Kemudian Anchor akan mengirimkan pesan ke email kalian sebagai bukti verifikasi akun. Klik link yang di-email setelah itu, kembali ke aplikasi/situs Anchor untuk memulai perjalanan podcast kalian *efek suara upbeat*, hehehe.

Tapi, sebelum mengunggah episode pertama kalian, kita perlu set-up dulu podcast kalian.

Upload Podcast

3. Setting up your podcast

Sebelum upload episode pertama podcast kalian, ada beberapa setting-an yang perlu kalian atur terlebih dahulu.

Isi nama podcast kalian sesuai niche kalian. Pastikan kalian juga memiliki nama podcast yang mudah dan unik. Jangan pakai nama yang mirip dengan nama podcast lain atau yang sulit dihafal. Hal ini penting agar pendengar kalian mudah mencari podcast kalian.

Isi keterangan sebelum upload podcast

Setelah itu isilah deskripsi podcast kalian. Kami sarankan deskripsi ini berisi:

  1. Siapa kalian sebagai host/produsernya (terutama kalau kalian belum menjadi publik figur). Ini penting agar pendengarnya tahu kredibilitas kalian terhadap topik yang dibawakan
  2. Isi podcast. Siapa target pendengar kalian? Pastikan apa yang kalian bicarakan itu tercermin dalam deskripsi ini.
  3. Alamat kontak. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat email atau akun social media kalian. Para pendengar pasti akan lebih suka kalau mereka memiliki sosok yang dapat dicari jejak digitalnya.
Bagian lain yang penting untuk diperhatikan adalah memilih podcast category kalian. Di sini akan menentukan nanti posisi podcast kalian di platform Spotify, Google Podcast, atau Apple Podcast.

4. Buat Cover Art

Salah satu hal yang pendengar kamu perhatiin pertama kali adalah cover art podcast kalian. Jadi penting juga untuk membuat cover ini catchy dan menggambarkan keunikan podcast kalian.

Ada beberapa pilihan untuk memasukkan cover art:

  1. Search for a photo: Kalian bisa buat cover art dari situs Anchor langsung.
  2. Upload an image: Unggah cover art kalian di pilihan ini kalau kalian buat dari aplikasi/software lain.
  3. Choose one for me: nanti Anchor akan secara random membuatkannya untuk kalian.
Membuat Cover Art

Di bawah ini adalah cara untuk membuat cover art dalam www.anchor.com:

Coba ketik keyword gambar yang cocok dengan tema podcast kalian. Misalnya di sini kita akan membuat podcast Suara Buku tentang ringkasan buku-buku terkenal. Makanya kita cari gambar “books” di search engine-nya.

Pilih font tulisan, letak tulisan, dan warna tulisan kalian berdasarkan pilihan di situ.

Mau tahu cara ngembangin podcast kamu?

Subscribe ke newsletter kita dan dapatkan sampel background sound gratis:

5. Merekam episode podcast

Setelah itu, pilihlah tabs “episodes” yang ada di bagian atas situs Anchor. Kalian bisa memilih berbagai cara untuk merekam podcast kalian: langsung lewat situs Anchor atau unggah dari rekaman kalian sendiri di platform lain (Audacity, ProTools, LogicPro, Cubase, dan lain-lain).

Jika kalian ingin cara yang cepat yang mudah, bisa langsung rekaman dari situs Anchor itu sendiri. Pilih “record” untuk memulai rekaman kalian.

Buat Podcast di Anchor

Jika kalian merekam dari platform lain, tinggal unggah (click and drag) file kalian ke bagian kiri (“click to upload or drop audio here”). Nanti situs akan mengunggah audio kalian.

 

Setelah itu kalian akan dibawa menuju bagian detail episode. Kalian perlu mengisi keterangan: judul episode, deskripsi episode, dan memilih apakah kalian mau mem-publish episode ini langsung atau nanti

Buat deskripsi podcast

Kalau kalian pilih “schedule episode”, kalian perlu memilih tanggal dimana episode ini akan terpublish secara otomatis oleh Anchor kepada situs platform lainnya. Ingat, Anchor hanya berfungsi sebagai aggregator (distributor podcast). Kalian perlu memilih dan men-setting platform dimana podcast kalian akan tersedia (Spotify, Apple Podcast, dll).

Catatan: untuk episode pertama ini mungkin butuh beberapa hari untuk upload. Ini karena dari platform lain butuh pengecekan keaslian dan kualitas dari podcast kalian. Jadi kami sarankan atur waktu yang lebih awal jika ingin podcast kalian terbit tepat waktunya.

Tetapi jika kalian mau langsung upload pada saat itu juga berarti langsung pilih reset to now dan save.

Memasang jadwal upload podcast

Kemudian kalian juga perlu memberi informasi mengenai season dan nomor episode yang di-upload. Kalian juga dapat memilih untuk memakai cover art yang sama pada tiap episode atau gambar yang berbeda.

Jika ingin memakai cover art yang berbeda, tinggal pilih “upload new episode art” dan unggah gambar yang ingin kalian tampilkan. Berikut contoh yang kita pilih untuk cover art episode kita yang pertama di “Podcast Suara Buku”:

6. Distribute your podcast!

Langkah terakhir adalah mendistribusikan podcast kalian. Pilih opsi agar Anchor mendistribusikannya sendiri secara otomatis ke berbagai Platform, supaya kalian gak repot ngirim RSS feed ke semua platform-nya.

That’s it! Begitulah cara buat podcast menggunakan Anchor. Namun, meskipun episode kalian sudah tersimpan dan diunggah di agregator ini, perlu tahap selanjutnya untuk bisa muncul di Spotify.

Baca postingan selanjutnya mengenai cara upload podcast di Spotify atau 7 kesalahan yang harus kamu hindari saat membuat podcast


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *