10 Situs Tempat Baca Buku Gratis yang Harus Kalian Lihat

Spread the love

Suka baca buku? Tapi berasa buku-buku itu mahal banget dan sulit dapetin buku impor tertentu? Pengen download dan baca buku gratis secara legal?

Thanks to the internet, ada banyak banget akses yang dibukakan untuk baca buku gratis. Semua link di bawah ini legal, jadi tidak menyalahi aturan hak cipta penulis atau publisher-nya.

Artikel ini ditulis secara jujur berdasarkan pengalaman membaca saya. Beberapa link di situs ini merupakan link afiliasi. Kalian tidak akan membayar biaya tambahan apapun, tetapi saya akan mendapat keuntungan beberapa persen dari penjualan. Ini akan membantu saya menulis review dan artikel buku-buku lain yang berkualitas.

Mulai dari buku bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia, sepuluh link di bawah ini memiliki variasi antara keduanya. The best thing is: they all are free!

1. Gutenberg Project

Proyek ini dimulai dari tahun 1971 untuk memperluas distribusi buku eletronik. Hingga artikel ini ditulis, Gutenberg memiliki lebih dari 57.000 judul yang dapat diakses secara gratis.

Kebanyakan buku-buku di sini sudah menjadi public domain dikarenakan hak cipta atau hak guna mereka sudah habis. Buku-buku milik penulis yang sudah meninggal 100 tahun lalu sudah dikatakan public domain dan bebas digunakan oleh publik.

Jadi kalau kalian suka membaca buku-buku klasik seperti The Brothers Karamazov karya Fyodor Dostoyevksy, Pride and Prejudice milik Jane Eyre, atau Little Women karya Louisa May Alcott kalian bisa dapatkan buku gratisnya di sini.

2. Amazon Kindle

Siapa di sini yang tidak kenal Amazon? Salah satu e-commerce terbesar ini dibangun oleh Jeff Bezos dan kecintaannya terhadap buku mendorongnya untuk membuat Kindle dan Kindle Books.

 

Nah, kalau kalian mau baca buku gratis, ketik free kindle books di search term-nya. Mereka bisa berubah setiap harinya, jadi silahkan cek secara berkala untuk mendapatkan buku-buku gratis. Saya pernah mendapatkan beberapa novel Coleen Hoover secara gratis lewat sini (lucky, I know!).

I personally loovee shopping in here. Kenapa? Karena setiap harinya dia memiliki diskon untuk buku-buku terkenal. Kalian bisa subscribe ke mailing list-nya untuk mendapatkan promosi dan diskon terbarunya.

Saya mendapatkan buku-buku di gambar ini seharga kurang dari 80.000 per bukunya! I’m a sucker for cheap books, haha! Download aplikasinya secara gratis di Google Play Store atau Apple Store untuk bisa membacanya.

Keunggulan aplikasi Kindle adalah sistemnya yang bisa men-“stabilo” dengan berbagai warna serta navigator yang user friendly. Selain itu mereka punya fitur X-Ray untuk mencari nama-nama, istilah, atau tempat yang terlupakan dan bisa dicarikan letak kalimatnya di sepanjang buku (kalau kalian suka membaca literatur Rusia, kalian tahu kesulitan yang saya maksudkan saat menghafal nama-nama tokohnya!).

Kindle App

Fitur lainnya yang saya suka pakai adalah kamus (dictionary) yang bisa diakses hanya dengan meng-highlight kata atau frasa bahasa Inggris yang sulit, dan mereka akan carikan sinonimnya.

 

Amazon juga memiliki subscription plan yang cocok bagi kalian yang suka membaca banyak buku tapi juga suka berhemat (like me!): Kindle Unlimited. Dengan hanya berbayar kurang dari $9.99 per bulan, kalian bisa membaca berbagai macam buku yang mereka tawarkan sepuasnya!! Cobain pengalamannya secara 30 hari secara gratis dan kalian bisa cancel kapan saja.

2. Google Books

Selain kindle, salah satu tempat beli buku favorit saya adalah lewat Google Books. Aplikasi ini memiliki fitur membaca buku yang mirip dengan Kindle, dalam artian kalian bisa meng-highlight kalimat dengan berbagai warna, memberi catatan, dan mencari arti katanya lewat kamus yang terinstall di dalamnya.

 

Mereka juga suka memiliki diskon buku-buku terkenal once in a while, jadi make sure kalian mengeceknya setiap beberapa minggu sekali. Kalau mau mencari buku yang gratis, tinggal klik link ini dan nanti keluar semua free e-book yang best-seller.

Buat kalian yang lebih prefer baca buku bahasa Indonesia, pemerintah kita sudah mengeluarkan aplikasi pinjam dan baca buku gratis loh. Dengan mendownload aplikasi iPusnas di HP atau tablet, kalian bisa meminjam ribuan buku yang tersedia di Perpustakaan Nasional secara digital.

Satu akun dapat meminjam maksimal tiga buku dengan durasi tiga hari per buku. Setelah itu otomatis buku akan dikembalikan dan kalian harus me-request kembali untuk meminjamnya.

Saya pernah mencoba memakainya dan saya harus katakan aplikasinya lumayan oke dan judul-judul yang dimiliki lumayan update. Hanya saja saya kurang menyukai user interface yang ada di aplikasi untuk membacanya.

Baca buku gratis lewat iPusnas

Gambar dari ipusnas.id

Saya membandingkannya dengan kindle untuk fitur-fiturnya. Tidak seperti Kindle, mereka tidak memiliki sistem navigator atau kamus yang bisa diakses langsung dari aplikasinya. Namun, kalian bisa men-stabilo dan bookmark buku yang dipinjam.

Situs ini menyediakan banyak buku-buku klasik juga seperti Guttenberg Project, tetapi ia juga menyediakan beberapa buku-buku baru yang di-publish sendiri.

Manybooks.net berdiri sejak 2004 dan menjual buku-buku dengan harga diskon juga. Jika kalian suka membaca romance dan horror, mereka memiliki banyak pilihan di sini. Kalian bisa langsung baca di situs tersebut atau men-download-nya.

Untuk kalian yang suka nulis, manybooks juga menyediakan jasa untuk mempromosikan buku kalian lewat review di Amazon atau lewat newsletter-nya. Sign up di sini dan hanya dengan sekali bayar, mereka sudah bisa promosiin buku kalian di berbagai platform.

Baca buku gratis

Kalau kalian adalah tipe orang yang kurang suka membaca tetapi ingin mendapatkan intisari dari sebuah buku, kalian mungkin bisa mencoba mendengarkannya lewat audiobook.

 

Audiobook adalah buku yang dibaca dan direkam secara digital, jadi kalian bisa mendapatkan sensasi membacanya without actually reading it. Librivox ini memiliki segudang audiobook untuk judul-judul buku yang mungkin kalian temukan di Gutenberg Project.

 

Beberapa proyek ini dikerjakan secara sukarela, jadi mungkin ada yang kualitasnya tidak sebaik yang diharapkan. Namun, aplikasi ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang mencari audiobook gratis.

Aplikasi ini menjadi populer akhir-akhir ini di kalangan bibliophile. Ada ribuan genre novel tersedia untuk dibaca secara gratis, mulai dari horor, young adult, romansa, dan komedi.

 

Meskipun di sini kalian tidak akan menemukan penulis yang sudah mendunia seperti John Green atau Nicholas Sparks, tetapi banyak loh kisah-kisah bagus yang dijamin bikin kalian bisa lupa waktu! Kalian sendiri juga bisa mendaftarkan diri untuk menulis cerita original di sini.

 

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa diakses kalau terkoneksi dengan internet. Saya secara pribadi menyukai wattpad karena fitur genre-nya yang bisa dipilih sampai beberapa filter, jadi akan sangat spesifik dengan selera yang saya cari.

Baca buku online gratis

Berbeda dengan Wattpad, Storial adalah website buatan anak Indonesia yang didesain untuk mempertemukan para penulis yang ingin berbagi karyanya dan juga pembaca kisah-kisah orisinil.

Storial juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh secara gratis, sehingga kalian bisa membaca buku-bukunya lewat HP. Genre yang ditawarkan di sini juga beragam, mulai dari science fiction, horor, romansa, dan metropop.

Saya melihat Storial banyak mengedepankan kisah-kisah teenlit dan metropop-nya, jadi akan cocok banget untuk kalian yang suka membaca genre tersebut. Selain itu, Storial juga sering banget ngadain lomba menulis dan mempublikasikan cerita yang terkenal di website-nya dalam bentuk buku hardcopy.

9. Open Library

Kalau ipusnas adalah perpustakaan dalam negeri yang menawarkan buku-buku bahasa Indonesia, Open Library ini adalah perpustakaan yang berbasis di Amerika Serikat. Mereka didonasi oleh California State Library untuk menghubungkan para publisher dengan para pembaca yang tertarik untuk membaca buku.

Berdiri sejak tahun 2006, situs ini memiliki 20 juta judul yang dapat diakses secara gratis. Kalian tidak hanya menemukan buku-buku public domain, tapi juga dapat meminjam karya penulis yang masih hidup seperti Stephen King, Mitch Albom, atau penulis yang karyanya belum public domain seperti George Orwell, Road Dahl, dan C.S. Lewis.

The best part about it is: kalian bisa download buku-bukunya dalam bentuk .pdf atau epub dan baca di HP! Tentu saja copy-an bukunya dilindungi secara hak cipta dan tidak dapat disebarkan secara luas. Mereka juga akan otomatis tidak dapat diakses setelah masa peminjaman kalian berakhir.

Pinjam buku di OpenLibrary

I save the best for the last. NetGalley dibangun dengan tujuan mempertemukan publisher dengan pembaca yang tertarik membaca buku dengan genre tertentu.

Sang publisher dan penulis akan membagikan advance reader’s copy (buku yang masih dalam tahap produksi/finishing tapi belum dijual di publik) kepada pembaca yang me-request bukunya. Sebagai gantinya, mereka mengharapkan timbal balik berupa review yang jujur.

Banyak publisher terkenal yang terdaftar di sini: Penguin Books, Avery Books, Zondervan, serta penulis terkenal seperti Meg Cabot, Jodi Picoult, Laura Griffin, Tara Westover dan Simon Sinek. Oleh karena itu, sudah pasti kalian bisa membaca buku mana yang akan menjadi best-seller selanjutnya sebelum buku itu diterbitkan!

Review buku di Netgalley

Situs ini cocok banget buat kalian yang suka baca dan mereview buku. Cukup dengan daftarkan email kalian (again, gratis!), nanti bisa langsung browsing judul-judul buku yang sedang dibuka untuk dibaca (tapi seluruhnya berasal dari luar negeri ya guys).

Beberapa buku ada yang bisa langsung dibaca secara otomatis, tapi ada juga buku penulis terkenal yang harus di-request terlebih dahulu kepada publishernya. Proses ini dapat memakan waktu beberapa hari atau bahkan mingguan.

Ada juga kemungkinan permohonan kalian ditolak jika kuota mereka sudah penuh atau profil kalian tidak cocok dengan profil pembaca yang mereka harapkan. Oleh karena itu, penting untuk mengisi profil diri kalian selengkap-lengkapnya.

Mereka akan mempertimbangkan kalau kalian aktif menulis review buku di blog, merupakan bagian komunitas pembaca buku, atau pengajar. Intinya, mereka ingin buku mereka mendapatkan review yang bagus dan jujur dari seseorang yang memiliki influence kepada banyak calon pembaca yang lain.

One last thing:

Manakah yang merupakan favorit kalian? Tentu setiap situs memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi silahkan dicoba dan temukan yang paling cocok dengan style membaca kalian.

Ingatlah bahwa membaca atau membeli buku secara legal berarti mendukung penulisnya untuk berkarya lebih lagi! Oleh karena itu manfaatkan situs-situs baca buku gratis di sini saja, jangan download pdf bajakan!!

Suka dengan konten semacam ini? Ingin mendapatkan first access ke buku-buku gratis atau potongan harga untuk buku-buku impor? Taruh email kalian berikut dan saya akan kirimkan artikel menarik dan promo diskon lainnya mengenai buku-buku yang baru terbit:


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *