Atomic Habits

Cara mudah buat kebiasaan yang baik – Ringkasan buku Atomic Habits

Spread the love

Kebanyakan orang menganggap kerja keras adalah jalan satu-satunya menuju kesuksesan. Kita memercayai akan teori berlatih 10.000 jam untuk menguasai satu keahlian. Kita tahu bahwa hanya kerja keras yang menjadikan seseorang kaya.
Buku Atomic Habits milik James Clear menawarkan solusi yang mudah dan terbukti untuk memiliki hasil yang luar biasa. Ia mengatakan bahwa dalam membuat suatu perubahan tidak dibutuhkan usaha yang besar. Cukup menciptakan kebiasan-kebiasaan kecil yang baik.
 

Ia mengambil contoh cabang olahraga sepeda di Brinatia Raya, dimana Dave Brailsford mengubah grup yang biasa saja menjadi juara Tour de France (lomba balap sepeda paling akbar) sebanyak lima kali dalam enam tahun berturut-turut.

Buku Atomic Habits

Beli di Amazon atau BookDepository

Ia mengubah hal-hal yang kecil seperti mendesain ulang tempat duduk sepeda supaya lebih nyaman atau menyuruh seluruh tim memakai celana yang menjaga suhu tubuh mereka agar tetap hangat.

Ratusan perubahan kecil yang atomik ini membuat perubahan besar terhadap reputasi British cyclist ini. Hal ini juga dapat kalian terapkan untuk menjadi orang yang lebih baik.

Bagaimana Atomic Habits terbentuk?

Konsep dalam Atomic Habits ini diadopsi dari buku The Power of Habit oleh Charles Duhigg. Namun, oleh James Clear diperluas menjadi empat langkah dalam pembentukan kebiasaan:

Bagaimana Atomic Habits terbentuk

Petunjuk (1) memicu otak yang memulai suatu kebiasaan. Hal ini membangkitkan gairah (2). Tanpa gairah maka tidak ada motivasi untuk kita memberikan tanggapan (3). Di sinilah letak perilaku/kebiasaan itu. Pada akhirnya setiap tanggapan kita menghasilkan ganjaran.

Membentuk suatu kebiasaan membutuhkan keempat proses ini. Oleh karena itu, untuk mengubah suatu kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik membutuhkan yang disebut sebagai Empat Kaidah Perubahan Perilaku.

1. Membuatnya terlihat jelas

Salah satu cara mengubah perilaku adalah membuat petunjuknya terlihat jelas. Dengan petunjuk yang mengarahkan kalian kepada perilaku yang benar, maka akan lebih mudah untuk membentuk kebiasaan yang benar.

 

Motivasi itu overrated, sebenarnya lingkungan di sekitar kita berpengaruh lebih besar. Anne Thorndike, seorang dokter umum dalam sebuah rumah sakit di Boston, mencoba untuk mengubah perilaku staf dan pengunjung rumah sakit.

Uniknya adalah: ia tidak akan membicarakan rencana ini kepada siapapun. Ia hanya mengubah desain dan tata letak minuman yang ada di ruangan.

 

Dengan menjadikan air putih sebagai salah satu pilihan di lemari pendingin dan memberikan akses yang mudah untuk membelinya, jumlah penjualan soda di rumah sakit itu menurun 11,4%. Sedangkan penjualan air botolan naik 25,8%.

Atomic Habits Quotes

Inilah cara paling mudah untuk mendorong pembentukan kebiasaan baik: ubah tata letak ruangan atau benda-benda petunjuk tersebut agar terlihat dengan jelas. Jika kita ingin lebih rajin berlatih musik, taruh instrumen di tengah ruangan. Jika kita ingin lebih rajin berolahraga, siapkan baju dan sepatu olahraga semalam sebelumnya.

2. Membuatnya Menarik

Kita memiliki sebuah neurotransmitter yang disebut dopamin, sebuah bahan kimia yang memengaruhi kebiasaan. Hal inilah yang dipakai oleh American Broadcasting Company (ABC) ketika memogram acara Kamis malam pada tahun 2014-2015.

Mereka menanyangkan serial drama terkenal ciptaan Shonda Rhimes dan mengiklankannya sebagai sebuah gaya hidup. Ia mendorong penontonnya untuk menikmati berondong jagung, duduk dengan santai, dan minum anggur. Mereka menggabungkan apa yang diperlukan pemirsa (menonton serial favorit) dengan apa yang mereka inginkan (bersantai).

Oleh karena itu, jika kita ingin membuat kebiasaan kita menarik, kita perlu menggabungkannya dengan apa yang kita inginkan: setelah saya mengambil HP maka saya akan melakukan 10 pushup, baru membuka facebook; sebelum saya memulai makan siang, saya harus menelepon tiga klien saya baru menonton ESPN.

Tentu hal lain yang membuat suatu kebiasaan menarik adalah ketika banyak orang melakukannya. Kita mengimitasi kebiasaan sebuah grup ketika mereka dekat dengan kita. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi dengan siapakah kita bergaul?

Atomic Habits James Clear

Kita memiliki kecenderungan untuk mengikuti mereka dibanding memercayai kebenarannya. Bergaul dengan orang-orang yang benar akan membuat kita memiliki semangat yang benar.

Akan tetapi, hal ini juga berlaku jika orang-orang terdekat kita memiliki kebiasaan yang yang buruk. Oleh karena itu, buatlah gairah yang menarik dan baik dengan mengelilingi dirimu oleh grup yang benar.

3. Membuatnya Mudah

Jika ada pilihan antara yang sulit dengan yang mudah, pasti kita akan memilih jalan yang mudah. Oleh karena itu, kita harus memulai kebiasaan kita dengan sesuatu yang mudah.

 

Twyla Tharp, seorang penari dan koreografer terbaik di era modern memulai setiap paginya dengan rutinitas yang simpel. Ia bangun jam 5:30, memakai baju olahraganya dan pergi keluar memanggil taxi untuk mengantarnya ke sasana kebugaran.

 

Setelah sampai, ia berolahraga selama dua jam. Menariknya, ia mengatakan bahwa ritualnya bukanlah peregangan dan angkat beban yang ia lakukan, tetapi memanggil taksi. Begitu ia meminta sang sopir untuk mengantarnya ke sasana kebugaran, ritualnya selesai.

 

Kebiasaan adalah seperti jalan masuk ke jalan tol. Mereka menuntun kita ke dalam suatu kebiasaan lalu memengaruhi keputusan-keputusan berikutnya.

The Power of Atomic Habits

Gagasan yang disarankan dalam buku Atomic Habits ini adalah agar kita memulai kebiasaan dengan sesuatu yang mudah. Berlari 5 km mungkin terlihat sulit, oleh karena itu mulailah dengan mengenakan sepatu lari. Jika menulis buku terdengar mustahil, mulailah dengan menulis satu kalimat.

4. Membuatnya Terlihat Memuaskan

Jika suatu kebiasaan menghasilkan pengalaman yang menyenangkan, maka ada kemungkinan kebiasaan itu akan terulang dengan mudah. Agar kebiasaan ini melekat, kita perlu merasakan kesuksesan langsung, sekecil apapun kesuksesan tersebut.

Bukalah satu akun untuk liburan; ketika kita melakukan suatu pencapaian kecil seperti berolahraga maka kita dapat memasukkan 10.000 ke dalam akun tersebut. Selang beberapa lama maka kita dapat mencapai tujuan untuk lebih sering berolahraga dan liburan sekaligus.

Sebaliknya, jika ada pengalaman yang tidak mengenakkan maka hal itu tidak akan diulang. Oleh karena itu, penting untuk menaruh sistem penalti ketika kita gagal melakukan kebiasaan tersebut.

Misalnya, jika kita kebanyakan bermain social media maka kita perlu membayar penalti kepada pasangan kita atau mendapat potongan jatah untuk belanja pada bulan tersebut.

Salah satu cara untuk memastikan melakukan kebiasaan tersebut dengan memiliki mitra untuk menjaga akuntabilitas kita. Mereka dapat menjaga agar kita tetap berada di jalur yang benar. Kita sangat peduli terhadap apa yang orang lain pikirkan terhadap kita, maka kita tidak ingin orang lain memandang kita dengan buruk.

Soo… lupakan tentang kerja keras dan mulailah memperhatikan kebiasaan mikro kamu!

Rate: 4/5

Buku ini memiliki banyak ide yang baik dan praktis. Tidak hanya menceritak tentang konsep, tetapi Atomic Habits juga menawarkan contoh-contoh yang dapat kita langsung terapkan dalam kehidupan kita.

Saya menyarankan agar setiap orang dapat membaca buku ini. Selain mudah untuk dibaca, buku ini juga cukup singkat sehingga dapat dihabiskan dalam jangka waktu yang pendek.

Satu hal yang saya kurang suka dari buku ini adalah gaya penulisannya yang seperti blog. Kalimatnya cenderung singkat, banyak pengulangan, dan paragrafnya pendek. Mungkin ini karena James Clear sendiri berangkat dari latar belakang seorang blogger.

Saya lebih prefer untuk meminjam buku ini daripada membeli buku ini dan menyimpannya untuk waktu yang lama. Hal ini karena ide-idenya yang simple dan lebih cocok untuk diterapkan langsung. Buku ini bukanlah tipe yang akan saya baca berulang-ulang.

Mau artikel seperti ini gratis setiap minggunya? Taruh email kalian di bawah ini untuk mendapatkan review dan artikel serupa serta promosi buku-buku terbaru. Atau mau kenalan dan ngobrol-ngobrol tentang topik serupa? Email saya ke contactme@deliciamandy.com


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *