Upload Podcast ke Spotify

5 Langkah mudah upload podcast ke Spotify

Spread the love

Cara upload podcast ke Spotify itu tidak sulit, hanya memang langkah-langkah yang perlu dilakukan tidak sesimpel unggah video di Youtube.

Sebelum podcast kalian bisa muncul ke Spotify, kalian perlu cari dulu third party yang namanya agregator. Agregator ini ada bermacam-macam: Blubrry, BuzzSprout, Anchor, Podbean, dan lain-lain.

Untuk upload podcast ke Spotify, kalian harus memiliki semua hal di bawah ini:

1. Agregator Podcast (baca di sini untuk tahu cara upload podcast ke Anchor)

2. Episode Podcast pertama kalian.

Jika sudah siap, yuk kita mulai!

1. Sign up for Spotify!

Pertama-tama kalian perlu sign up dulu di Spotify.com menggunakan email podcast kalian. Buat akun kalian seperti biasa dan nanti Spotify.com akan mengirimkan notifikasi ke email kalian.

Upload Podcast ke Spotify

2. Copy RSS Feed

Setelah muncul notifikasi bahwa akun kalian sudah aktif, buka web browser kalian dari ketik http://podcasters.spotify.com (ini berbeda dengan Spotify.com karena khusus untuk upload podcast)

Spotify Podcaster

Tekan “get started” untuk memulai. Di halaman pertama mereka akan menanyakan link RSS Feed podcast kalian. RSS Feed ini bisa kalian dapatkan di agregator kalian. Karena kita buat dengan Anchor, maka coba balik ke http://www.Anchor.com

Di halaman utamanya, pilih settings kemudian klik distribution. Tampilannya akan seperti ini:

RSS Feed Podcast
RSS Feed Anchor

Paling atas akan ada tulisan RSS Feed. BUT WAIT! Jangan copy dulu!

Scroll browser kalian ke bawahnya, dan nyalakan opsi “Display personal email address publicly in RSS Feed”.

Setelah itu, scroll ke atas lagi dan tekan “SAVE”. Barulah kalian bisa copy RSS Feed kalian.

3. Paste RSS Feed to Spotify

Balik ke podcasters.spotify.com dan paste Link RSS Feed kalian. Setelah itu klik NEXT.

RSS Feed di Spotify

Namun, kalau misalnya muncul pesan merah seperti di atas ini, berarti ada dua kemungkinan:

  1. Langkah kedua di atas tidak kalian lakukan sepenuhnya. Jangan lupa untuk centang opsi “display personal email address publicly in RSS Feed” dan SAVE setelahnya.
  2. Jika sudah dan masih muncul seperti ini, tunggulah 10-30 menit untuk Spotify me-refresh sistem mereka. Ini biasa terjadi, jadi coba kalian berolahraga (atau sambil dengar podcast kita Pillow Talk ID atau Dongeng Anak Masa Kini) baru balik dan refresh browser kalian.

Butuh jingle untuk podcast kamu?

untuk mendapatkan sampel gratis!

4. Verifikasi Podcast

Jika nama podcast kalian lumayan “pasaran” dan ada nama milik orang lain yang mirip, akan muncul pesan seperti ini. Jika nama podcast kalian unik dan hanya ada satu, maka pasti muncul podcast kalian saja.

Cara Upload Podcast ke Spotify Podcasters

Setelah itu Spotify akan mengirimkan email verifikasi dan silahkan cek email kalian untuk kode unik tersebut, lalu copy dan paste.

5. Isi Deskripsi Podcast Kalian

Terakhir, kalian tinggal isi detail podcast kalian. Di bagian “primary category” ini adalah tempat/kategori dimana podcast kalian akan ditaruh. Kalau istilah di musik namanya “genre”. Jadi silahkan pilih kategori yang persis sesuai isi percakapan kalian di dalamnya ya.

Podcast Primary Category

Data dan Statistik

Di bagian home kalian, nanti bisa dilihat data dan statisik pendengar kalian.

Spotify lumayan detail dalam memberikan data, jadi kalian bisa tahu berapa jumlah orang yang mengklik, mendengar lebih dari 30 detik, tekan “follow”, atau jumlah pendegar unik setiap harinya.

Statistik Podcast

And that’s it folks, lima langkah mudah untuk upload podcast ke Spotify. Gampang kan?

Jangan lupa untuk terus konsisten dan meningkatkan engagement podcast kalian. Silahkan taruh email dan podcast kalian di kolom komentar ini supaya kita bisa dengerin podcast kalian!

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut atau mau kolaborasi dengan kita, boleh aja email ke pillowtalkpodcast.id@gmail.com atau contactme@deliciamandy.com


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *