Benda Wajib Menyusui

5 Barang Wajib Punya untuk Ibu Menyusui

Spread the love

Pada saat artikel ini ditulis, aku sudah dalam perjalanan 5 bulan memberikan ASI Ekslusif untuk anak aku yang pertama. Dalam perjalanan menyusui aku ini, ternyata ada banyak barang yang perlu disiapkan agar perjalanan menyusui kita lebih lancar. Berikut lima barang wajib Ibu menyusui:

1. Bra Menyusui

Jikalau Busui akan pergi-pergi (misalnya cek up dokter atau mengantar vaksinasi anak), sangat penting memiliki bra yang mudah aksesnya untuk menyusui. Bra menyusui ada yang macam-macam, ada yang tali pengaitnya dikancing dari atas (tali BH), ada juga yang kancingnya dari tengah.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat membeli bra menyusui adalah tidak adanya kawat, karena kawat dapat menekan saluran di payudara yang bisa bikin ASI mampet. Lama kelamaan saluran yang mampet ini bisa membuat sakit dan berujung pada mastitis.

Aku punya beberapa buah dari merk Sorex, karena selain murah tapi juga bahannya bagus dan bisa nyerap keringet. Percayalah, ketika menyusui kalian akan banyak membakar kalori, makanya perlu bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik!

Bra Menyusui - Barang Wajib Ibu Menyusui

Kedua, dalam memilih bra harus yang dapat mensupport payudara kita dengan baik. Bukan berarti pilih yang push-up bra ya, tetapi pilih yang lentur dan dapat mengikuti lekuk tubuh dengan baik. Aku suka juga merk EVE MATERNITY bra ini (gambar) karena bahannya halus dan bukaannya lebar.

Pas awal-awal aku menyusui, tubuh aku masih besar jadi meskipun cup-nya cukup, tetapi banyak tali BH yang tidak bisa dikaitkan (kekecilan). Oleh karena itu akhirnya aku membeli pengait BH tambahan supaya talinya bisa lebih panjang.

Beli beberapa BH cadangan supaya bisa ada cadangannya kalau kita gak sempet nyuci baju (I know, new mom problems). Menurutku BH menyusui ini number one barang wajib Ibu menyusui.

2. Pakaian Busui Friendly

Menurutku ini salah satu pengeluaran yang besar di awal-awal pasca melahirkan. Selain karena banyak baju yang udah gak muat (baik baju rumah maupun baju bepergian), tapi juga banyak pakaian yang tidak mudah untuk menyusui (busui-friendly).

 

Aku menyarankan untuk membeli baju yang mudah aksesnya untuk menyusui dengan mencari baju dengan tambahan kata busui-friendly. Baju-baju yang berkancing juga dapat mempermudah untuk membuka BH dan menyusui.

Namun, personally buat aku lebih menyukai baju menyusui yang ada bukaan di samping kanan kiri (kayak di gambar) Hal ini karena terkadang kalau ada kancing atau resletingnya, bukaannya kurang lebar jadi sulit kalau misalnya aku harus pumping.

 

Selain itu, kalau payudara kalian besar maka harus membuka lebih lebar lagi dan kainnya terkadang menyakiti di bagian leher/pundak karena tertahan.

 

Pilih pakaian yang adem karena pengalaman aku ketika menyusui itu membakar kalori yang banyak sehingga terkadang suka keringetan, hahaha.

Beberapa pilihan daster menyusui bukaan samping favoritku ada dari mamaris.co (per artikel ini ditulis harganya 65k satunya). Bahannya adem banget, terus bukaan menyusuinya juga lebar.

Kalau untuk pergi-pergi aku suka merk Cuit. Harganya agak mahal tapi bahannya bagus dan adem, bukannya juga lebar jadi mudah diakses.

Barang Wajib Ibu Menyusui

3. Nipple Cream/Minyak Pelembab

Hal ini berguna banget pada saat awal-awal aku menyusui oleh karena sering putting sering lecet dan luka, jadinya harus pilih krim yang bisa melembapkan dan juga aman untuk dimakan bayi.

Sebersih-bersihnya kita, pasti ada sisa minyak atau krim di puting atau payudara yang termakan oleh bayi. Makanya harus bijak dalam memilih yang aman untuk dikonsumsi.

Awalnya aku pilih Lanolin krim, ini banyak merknya ya: ada yang merk LansinohMedela, atau Mama’s Choice. Krim ini ampuh banget untuk nyembuhin luka (selain off course ASI kita sendiri dan juga sering-sering disusuin), biasa dalam sehari dua hari udah sembuh.

Tapi setelah beberapa bulan menyusui, aku merasa ada opsi lain yang lebih bagus yaitu minyak kelapa (virgin coconut oil). Selain harganya lebih murah dan mudah didapat, minyak kelapa ini multi fungsi! Selain melembabkan, ia juga bisa jadi minyak untuk pijat lakstasi atau pijat payudara.

Dulu belinya yang botol besar jadi repot buat ngolesinnya. Sekarang aku beli yang bisa semprot kayak gambar ini supaya mudah dipakai untuk pelumas di corong pompa!

Harganya juga gak terlalu mahal. Nanti kalau mau isi ulang tinggal beli yang besar dhe.

Busui pasti tahu dhe yang namanya saluran ASI tersumbat yang bikin sakit itu, makanya pakai minyak kelapa untuk pijat itu enak banget karena murah, wangi, dan aman kalau sampai termakan oleh bayi.

4. Pompa ASI

Yang ini mungkin beberapa busui yang full di rumah tidak setuju untuk wajib punya pompa ASI, tapi berdasarkan pengalaman menyusui pribadi, punya stok ASIP itu berguna banget.

Waktu aku sakit dan harus diopname (berpisah dengan dedek bayi), untung banget udah punya pompa ASI dan sudah tahu cara pakainya. Plus waktu itu aku sempet stok ASIP juga sebagai hasil rajin pumping untuk menaikkan supply. Jadi pas di rumah, si debay minum stok ASIP sedangkan aku di RS rajin pumping setiap 2-3 jam sekali.

Pompa ASI untuk Ibu Menyusui bekerja

Pompa ASI itu bermacam-macam, ada yang manual dan ada yang elektrik, ada yang murah ada yang mahal. Kalau semisal jadi IRT dan di rumah terus, mungkin tidak perlu yang elektrik ya (karena tergolong lebih mahal). Tapi aku suka elektrik karena praktis dan bisa sambil ngelakuin hal-hal yang lain.

Aku juga beli yang corong handsfree karena full time working mom, jadi ini berguna banget untuk bisa pompa sambil kerja atau di mobil, hihihi.

Aku punya dua tipe pompa: Spectra S1 untuk yang di rumah (tarikannya lebih enak dan fiturnya ada beberapa opsi ritme) dan Spectra S9 Plus untuk dibawa kemana-mana.

Selain untuk stok ASIP, pompa ASI juga berguna kalau ada busui yang di awal-awal supply-nya sedikit. Karena ASI itu prinsipnya supply and demand, semakin sering kita minta atau kasih kode bahwa dibutuhkan, semakin banyak produksinya.

 Makanya kalau setelah nyusuin ditambah pompa lagi 5-10 menit, otak kita berpikir kalau stoknya butuh ditambah, makanya setelah seminggu rajin nyusuin + pumpingsupply ASI kita bakal bertambah.

 

5. Botol/Kantong ASIP

Ini adalah sebagai bagian dari poin nomor 5 di atas. Ketika selesai memompa, ASI perah wajib disimpan dalam kontainer yang bersih dan higienis. Gak bisa sembarangan taruh di botol bekas soda atau minyak!

Botol ASIP pilih yang ada ukuran mililiternya, biar bisa dicatat kira-kira isinya berapa. Pilih botol yang berbahan gelas juga supaya lebih tahan lama dan isinya bisa terlindungi dari kontaminasi luar.

Pertama kali aku beli botol ASIP merk BKA. Dia memang terkenal membuat botol kaca khusus untuk ASI sampe-sampe merknya dinamakan BKA (Botol Kaca ASI). Botol ASIP dia anti pecah, bisa bertahan di suhu ekstrim (di freezer ataupun didihkan) dan juga ada tulisan mililiter yang jelas.

Benda Wajib Ibu Menyusui

Aku suka banget botol ini karena kalau udah gak dipake untuk ASIP, bisa dipakai buat simpen kaldu pas anak udah mulai MPASI, hwhwhw.

Kalau aku pergi ke kantor, personally lebih suka pakai kantong ASIP karena ketika stoknya makin banyak, botol ASIP sangat memakan tempat dan mahal juga, jadinya lebih aku gunakan untuk yang jangka waktu pendek (misalnya abis dipompa terus masuk chiller lalu diminum).

Sedangkan untuk jangka waktu panjang (yang dimasukkan ke deep freezer) itu aku taruh di kantong ASIP karena lebih ringkes. Selain itu, suka juga ngeliat kantong ASIP yang lucu-lucu desainnya, jadi makin semangat pumping dhe!

4 Benda yang Berguna Kalau Dimiliki:

Nah, sedangkan beberapa bagian di bawah ini merupakan barang- barang yang gak wajib tapi akan sangat membantu kalau misalnya punya:

1. Breast Warmer

Dalam pengalaman menyusui setiap ibu, pasti pernah ngerasa ada sumbatan di payudara. Ada yang “jinak” sehingga dipijat ringan saja bisa, tapi ada juga yang keras jadi harus dikompres pakai air hangat dulu baru bisa lancar.

 

Kalau misalnya mau repot, hal ini bisa digantikan dengan lap yang dibasahi air hangat atau botol ASIP yang diisi air hangat kemudian diusap-usap ke payudara, setelah itu baru dipijat-pijat.

 

Tapi ada produk yang namanya breast warmer yang bisa praktis tinggal dimasukkin microwave atau direndem air panas terus ditempel di payudara. Aku pernah beli yang dari BKA, dan lumayan praktis juga meskipun menurutku gak sehangat kalau pakai kain lap ya.

 

Ada juga yang lebih canggih dan disertai getaran seperti lactation massager. Merk yang terkenal itu dari Lavie, tapi menurutku harganya mahal banget untuk sesuatu yang aku cuman pakai kadang-kadang doang.

 

Aku saranin buat kalian yang exclusive pumping atau sering tersumbat buat sewa dulu alat ini untuk mengetahui apakah berguna buat sumbatan yang membandel, sebelum beli dengan full price.

2. Sterilizer

Ini merupakan salah satu benda yang dihadiakan kepada kami. Tadinya kami berpikir, ah cukuplah punya bottle sterilizer (yang disterilkan memakai uap dan muat 5 atau 6 botol). Ternyata setelah berjalan satu minggu, penting banget punya sterilizer yang muat banyak benda sekaligus.

Hal ini dikarenakan yang disterilkan itu bukan hanya botol, tapi juga bagian-bagian dari pompa ASI, tempat makan, dan teether bayi juga! Bayangkan kalau setiap hari harus masak air panas dan ngerendem bagian pompa (duh, mendingan tidur dhe…)

Sterilizer

 

Makanya ini salah satu hal yang menurutku bagus banget untuk dimiliki untuk para busui yang bakal sering pompa, karena hanya dengan satu settingan saja bisa kalian atur mau diuap seberapa lama (antara 15-60 menit).

 

Kita dibeliin sterilizer milik Panasonic yang menurutku OK banget karena muat banyak tapi harganya tidak semahal sterilizer yang lain (banyak loh merk yang bisa sampe jutaan harganya). Selain itu muatannya bisa banyak (tidak hanya 5-6 botol, haha)

 

Dia memang didesain juga untuk bisa muat piring dan sendok, tetapi karena tidak ada sekat yang tinggi makanya bisa ditaruh bagian-bagian pompa, teether, mangkok, atau botol-botol juga.

 

Mungkin buat beberapa orang ini tergolong mahal ya, tapi buat busui yang penuh waktu bekerja dan tidak punya suster di rumah, sterilizer ini membantu banget buat menghemat waktu setiap hari.

3. Breast Pad

Awalnya aku tidak mengira akan membutuhkan breast pad, tetapi lama kelamaan pada saat saluran ASI lagi lancar dan makin banyak, seringkali ASInya suka merembes dan tumpah sampai ke baju.

 

Aku adalah orang yang eco-friendly, sehingga waktu itu sempat beli breast pad yang bisa dicuci dan digunakan kembali. Tetapi pas dilihat-lihat banyak serabut kainnya yang keluar dan menempel di puting, makanya karena ngeri tertelan akhirnya aku beli yang sekali pakai langsung buang.

 

Banyak breast pad dengan berbagai macam merk yang dijual di toko online, dan aku tidak ada preferensi tertentu sehingga busui silahkan beli merk apapun yang nyaman.

 

Pastikan saja busui sering-sering ganti breast pad-nya, jangan sampai udah lengket dan lembab baru diganti. Sebaiknya diganti setiap 4 jam supaya terjaga kelembapan dan kehigienisannya.

4. Bantal Menyusui

Salah satu hal yang membantu perjalanan menyusui aku di awal-awal ini adalah bantal menyusui. Sebagai ibu yang juga melahirkan secara caesar, punya bantal menyusui ini juga berguna agar bisa mencoba berbagai posisi menyusui yang nyaman.

 

Posisi seperti footbal hold dan cradle sangat dibantu dengan adanya bantal menyusui, supaya bayinya tidak mengenai luka bekas jahitan. Tapi karena awal-awal bayinya masih kecil jadi masih perlu disanggah oleh selimut atau kain-kain lagi supaya aksesnya lebih enak, hehehehe.

 

Menurutku bantal menyusui yang enak itu kalau tidak terlalu lembek dan empuk sehingga pas nyusuin gak “nyungsep” ke bawah dan disupport dengan enak. Biasanya yang lebih keras ini juga bisa lebih tahan lama.

 

Kemudian, poin plus lagi kalau covernya bisa dilepas dan dicuci. Karena pengalaman kalau menyusui, sering banget kena muntahan (gumoh) atau BAK/BAB dedek bayi kalau popoknya sudah penuh.

What's your favorite?

Itu dia menurutku list barang wajib untuk Ibu menyusui yang berguna banget di pengalaman menyusui aku. Memang setiap Ibu itu berbeda kondisi dan juga kebutuhannya, semua pokoknya tergantung fisik dan kebiasaan keluarga juga.

Menurut kalian ada barang-barang yang wajib tapi belum masuk di-list? Merk pompa atau plastik ASIP mana yang jadi favorit kamu? Silahkan tulis di-comment bawah ini ya:


Spread the love

One thought on “5 Barang Wajib Punya untuk Ibu Menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *